Selamat Datang Di website resmi perpustakaan SMA N 1 WONOGIRI

Wednesday, 20 Mar 2019
You are here: Home

Interaktif

Polling

Bagaimana tampilan Website ini?
 

Login Form



Who's Online

We have 2 guests online

Calendar

March 2019
SMTWTFS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31
Burung Dara Burung Gagak, Usai Baca Aku Ngakak (SAGUSAKU Karya Titik Setyaningsih SMA Negeri 1 Wonogiri) PDF Print E-mail
Written by Dan   
Monday, 04 February 2019 08:48

Buku kumpulan cerita lucu ini ditulis oleh Titik Setyaningsih. Dia merupakan pengajar bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Wonogiri sejak tahun 2001 sampai sekarang. Buku ini terinspirasi dari beberapa cerita lucu yang ditulisnya sering dimuat di harian Solopos dalam rubrik Ah Tenane. Adapun judul cerita lucu yang pernah dimuat itu adalah Kelebihan Satu Angka, Kebaya ...Oh Kebaya, Gedhe Dawa, dan Salah Ngantre. Selain itu tulisannya juga sering dimuat di Panjebar Semangat dalam rubrik Apa Tumon. Dalam rubrik ini kelucuannya agak berbeda karena menggunakan bahasa Jawa.

Sebagai seorang anak laki – laki Raya harus menjadi anak yang bermental baja. Dia tidak boleh menangis terutama saat di sekolah. Raya, seorang siswa SD kelas 1 itu selalu mengingat – ingat pesan ayahnya. Tak heran, jika dalam setiap kesempatan ia pun selalu tegar, tak pernah menangis. Suatu hari ia menceritakan ketegarannya itu kepada ayahnya. Dengan semangat ia ceritakan bahwa semua teman sekelasnya tadi menangis sedih. Hanya Rayalah yang tidak menangis. Karena penasaran, sang ayah pun bertanya apa yang telah terjadi sehingga teman sekelasnya menangis semua. Dengan santai ia menjawab “ Tadi, guru PPL / guru praktiknya berpamitan untuk tidak mengajar lagi di SD tersebut. Mendengar hal itu, ayahnya hanya bisa menahan tawa atas pembuktian ketegaran Raya tersebut.

Last Updated on Monday, 04 February 2019 10:10
Read more...
 
Sheila On 7 Meriahkan HUT 55 Tahun SMA Negeri 1 Wonogiri PDF Print E-mail
Written by Dan   
Monday, 09 October 2017 00:00

Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Wonogiri, kini genap berusia 55 tahun. Untuk memeriahkan HUT Ke 55 tahun 2017, Minggu (1/10), mengundang band tamu Sheila On Seven (7). Sebelumnya, digelar upacara disertai pelepasan puluhan balon ke udara.

Wakil Bupati Edy Santosa hadir mewakili Bupati menjadi inspektur upacara, yang menandai pemotongan tumpeng untuk diserahkan kepada Kepala Sekolah (Kasek) Yuli Bangun Nursanti. Dalam kesempatan tersebut, digelar pula lomba lari 10 K Smansari (SMA Negeri Satu Wonogiri) dan gerak jalan sehat massal.

Wakil Bupati Edy Santosa didampingi Kasek Yuli Bangun Nursanti, berkenan menyerahkan penghargaan dan hadiah kepada dua murid beprestasi. Yakni kepada siswi Aldila Rizki Ada, siswi Kelas 12-Bio, yang memenangi juara pertama Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di Medan tanggal 2-9 September 2017 lalu. Di event kejuaraan bergengsi tingkat nasional tersebut, Aldila, meraih medali emas nomor tunggal putri cabang pencak silat.

Penghargaan dan hadiah yang sama, juga diberikan kepada siswi Alifa Milanisty. Murid Kelas 12-IPS ini, memenangi juara pertama lomba karate tingkat nasional yang digelar di Jakarta awal September 2017 lalu. Juga meraih medali emas di event bergengsi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) karate piala Panglima di Semarang
.

Last Updated on Friday, 12 January 2018 15:53
Read more...
 
Perpustakaan Sasana Widyatama Buka di Hari Libur Ramadhan PDF Print E-mail
Written by dan   
Thursday, 18 June 2015 09:08

DSCN3413aa
Perpustakaan Sasana Widyatama SMAN Negeri 1 Wonogiri mulai hari ini (18/06/2015) tetap membuka fasilitas semua layanan selama libur sekolah pada bulan suci Ramadhan ini. Kedepannya diharapkan perpustakaan semakin bisa melayani semua siswa, guru dan karyawan, terutama yang memiliki minat bacanya tinggi.

Layanan ini dibuka untuk memfasilitasi pengunjung yang mempunyai keterbatasan waktu untuk datang ke perpustakaan pada saat hari efektif. Selain itu program diharapkan juga dapat dimanfaatkan oleh para siswa yang berkeinginan memanfaatakan waktu berpuasa dengan datang ke perpustakaan.

Dalam upaya meningkatkan jam layanan tersebut perpustakaan Sasana Widyatama SMAN Negeri 1 Wonogiri mengadakan berbagai pembenahan sarana prasarana antara lain penataan tata lampu, peningkatan layanan internet, penambahan koleksi secara rutin dan berkala. Selain itu dalam tak kalah pentingnya juga meningkatan mutu SDM layanan dengan  mengikutsertakan dalam seminar dan pelatihan dalam bidang kepustakaan.

Last Updated on Saturday, 20 June 2015 08:10
Read more...
 
Tingkatkan Motivasi Minat Baca, Perpustakaan Sasana Widyatama SMA Negeri 1 Wonogiri memberi penghargaan kepada 3 pengunjung teraktif PDF Print E-mail
Written by dan   
Friday, 06 November 2015 09:11

Perpustakaan sekolah ibarat jantungnya sebuah sekolah. Keberadaan sebuah unit perpustakaan sangat penting untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar.

Sepinya pengunjung pustaka sekolah menandakan rendahnya animo warga sekolah untuk memanfaatkan pustaka sekolah sebagai pusat informasi dan sumber belajar. Sekaligus menjadi pertanda rendahnya minat dan budaya membaca warga sekolah.

Sebaliknya, sebuah perpustakaan dapat menjadi sebuah simbol buku dan kegemaran membaca warga sekolah. Jika ramai pengunjung oleh siswa maupun guru dalam setiap hari. Itu menjadi pertanda minat dan kegemaran membaca cukup tinggi dan Kualitas pendidikan di sekolah cukup baik.

Untuk menigkatkan budaya membaca di lingkungan SMA Negeri 1 Wonogiri, Perpustakaan Sasana Widyatama memberikan penghargaan bagi siswa yang aktif ke perpustakaan. Kegiatan ini dilakukan setiap 3 bulan sekali.

 

Last Updated on Friday, 06 November 2015 09:26
Read more...
 
PERINGATAN HARI KARTINI SMA NEGERI 1 WONOGIRI PDF Print E-mail
Written by danang   
Wednesday, 22 April 2015 13:23

Wonogiri, Setiap tanggal 21 April kita sebagai warga Negara Indonesia khususnya perempuan selalu memperingati perayaan hari Kartini. Begitu juga dengan semua keluarga SMA Negeri 1 Wonogiri baik siswa, guru serta karyawan. Seperti tahun-tahun sebelumnya semua warga SMASA Wonogiri diwajibkan mengenakan pakaian adat jawa.Rangkaian peringatan hari Kartini dimulai dengan upacara Bendera yang di pimpin oleh Dra. Sri Warsiti, yang telah memasuki masa purnatugas. Dimana beliau sudah mengabdikan sampai usia 60 tahun. Adapun amanat yang disampaikan mengenai makna dan dejarah peringatan hari Kartini.

Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada 21 April 1879. Tanggal kelahiran ini yang kemudian ditetapkan sebagai hari peringatan Kartini. Kartini lahir dari keluarga bangsawan Jawa, dari pasangan R.M Sosroningrat dan M.A Ngasirah.  Hidup di tengah keluarga bangsawan membuat Kartini mendapat pendidikan yang baik. Ia banyak bersentuhan dengan pemikiran modern.

Ia suka membaca dari kegiatan membaca tersebut Kartini merasa kagum dengan peran wanita di negeri-negeri Eropa. Mereka memiliki kebebasan untuk memperoleh hak-hak sebagai manusia, seperti belajar dan lain sebagainya. Sementara itu, di sekitarnya, perempuan-perempuan di tanah Jawa khususnya masih tertindas tak berdaya. Mereka terkungkung karena adat, mereka dipaksa menikah dengan lelaki yang tak dikenal, mereka tak mendapat pendidikan, mereka jauh dari peradaban maju.

Last Updated on Saturday, 25 April 2015 07:13
Read more...
 
« StartPrev12345NextEnd »

Page 1 of 5