Selamat Datang Di website resmi perpustakaan SMA N 1 WONOGIRI

Wednesday, 13 Dec 2017
You are here: Home
PERINGATAN HARI KARTINI SMA NEGERI 1 WONOGIRI PDF Print E-mail
Written by danang   
Wednesday, 22 April 2015 13:23

Wonogiri, Setiap tanggal 21 April kita sebagai warga Negara Indonesia khususnya perempuan selalu memperingati perayaan hari Kartini. Begitu juga dengan semua keluarga SMA Negeri 1 Wonogiri baik siswa, guru serta karyawan. Seperti tahun-tahun sebelumnya semua warga SMASA Wonogiri diwajibkan mengenakan pakaian adat jawa.Rangkaian peringatan hari Kartini dimulai dengan upacara Bendera yang di pimpin oleh Dra. Sri Warsiti, yang telah memasuki masa purnatugas. Dimana beliau sudah mengabdikan sampai usia 60 tahun. Adapun amanat yang disampaikan mengenai makna dan dejarah peringatan hari Kartini.

Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada 21 April 1879. Tanggal kelahiran ini yang kemudian ditetapkan sebagai hari peringatan Kartini. Kartini lahir dari keluarga bangsawan Jawa, dari pasangan R.M Sosroningrat dan M.A Ngasirah.  Hidup di tengah keluarga bangsawan membuat Kartini mendapat pendidikan yang baik. Ia banyak bersentuhan dengan pemikiran modern.

Ia suka membaca dari kegiatan membaca tersebut Kartini merasa kagum dengan peran wanita di negeri-negeri Eropa. Mereka memiliki kebebasan untuk memperoleh hak-hak sebagai manusia, seperti belajar dan lain sebagainya. Sementara itu, di sekitarnya, perempuan-perempuan di tanah Jawa khususnya masih tertindas tak berdaya. Mereka terkungkung karena adat, mereka dipaksa menikah dengan lelaki yang tak dikenal, mereka tak mendapat pendidikan, mereka jauh dari peradaban maju.

Setelah upacara peringatan dilanjutkan dengan lomba menyanyi yang diikuti oleh bapak/ibu guru dan karyawan yang dibagi sesuai dengan MGMP, staf PNS dan Staf Non-PNS yang terbagi menjadi 16 kelompok. Sedangkan yang menjadi juri dalam lomba menyanyi ini adalah para siswa dan siswi.

 Semoga makna Kartini ditahun ini dan juga tahun-tahun mendatang bukan sekedar memperingati dengan kegiatan‐kegiatan tapi muncul Kartini‐Kartini baru yang melegenda seperti Ibu Kartini.Sebuah Bangsa akan maju tergantung pada kualitas perempuan.Dan dibalik suksesnya sebuah keluarga biasanya ada seorang perempuan yang kuat,dan tabah memikul beban sebagai seorang istri, seorang ibu, seorang karyawati, dan seorang anggota masyarakat yang baik dan berkpribadian.

Last Updated on Saturday, 25 April 2015 07:13