Selamat Datang Di website resmi perpustakaan SMA N 1 WONOGIRI

Wednesday, 19 Jan 2022
You are here: Home
Smansari Sosialisasi Saka Kalpataru PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 10 December 2021 10:26

Sasana Widyatama – SMA Negeri 1 Wonogiri bekerja sama dengan Dinas Lingkungan hidup dalam kegiataan Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Bidang Lingkungan Hidup untuk Lembaga Kemasyarakatan tahun 2021. Hal ini dikemas melalui kepramukaan Smansari sebagai Sosialisasi Saka Kalpataru bagi pramuka penegak kelas X dan XI.

Sosialisasi Saka Kalpataru menjadi pendukung semakin kuatnya semua warga sekolah khususnya siswa menjadi pionir peduli lingkungan di kabupaten Wonogiri. “Kalianlah pionir pengolahan sampah!” kata Kepala Sekolah dalam pidato sambutannya.

Sri Wahyu Widayatto memberikan stimulasi dengan mengajak pramuka yang sejumlah 50 untuk menggambar bagan yang mengilustrasikan potensi lingkungan rumahnya masing-masing. Hal ini ditujukan untuk menanamkan kepekaan terhadap lingkungan. Alumni jurusan Geografi UGM ini mengatakan, “Anda harus menyikapi sejak dini terhadap setiap potensi keindahan lingkungan. Bisa jadi, yang sekarang indah, suatu saat menjadi malapetaka. Selalu waspada! Yuk peduli hari ini!”

Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur akan menjadi objek wisata terbesar se-Asia. Alumni Smansari yang juga merupakan Kepala Dinas Kearsipan Daerah Wonogiri ini mengungkapkan, “Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri direncanakan menjadi objek wisata terbesar se-Asia. Di sana akan dibangun jembatan kayu di atas air waduk yang bisa digunakan wisatawan untuk berjalan kaki atau pun bersepeda. Selain itu, kanan-kiri jembatan itu juga akan diberi bebungaan yang indah.”

Teria Lusitania, narasumber dari staf Pemeliharaan Lingkungan Hidup ini memberikan materi penting tentang Saka Kalpataru. Disampaikannya bahwa Saka Kalpataru bertujuan untuk memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta ketrampilan, khususnya yang berkaitan dengan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (PPLH) yang menjadi bekal penghidupan untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa, dan negara.

Kegiatan kepramukaan SMA Negeri 1 Wonogiri ini berlangsung dengan sukses dengan diikuti peserta yang berantusias. Generasi inilah yang nantinya akan menjadi harapan Wonogiri dan Indonesai, generasi yang akan memimpin bangsa yang peduli terhadap lingkungannya. Seno.9/12/2021.

Last Updated on Friday, 10 December 2021 10:34